Bantah Ekonomi Terpuruk karena Covid-19, RR: 'Aji Mumpungisme, Mumpung Ada Corona Semua Disalahin Sama Corona' 

Bantah Ekonomi Terpuruk karena Covid-19, RR: 'Aji Mumpungisme, Mumpung Ada Corona Semua Disalahin Sama Corona' 
Rizal Ramli/Net

RIAUSKY.COM - Ekonom senior Rizal Ramli menolak jika terpuruknya perkonomian nasional yang diperkirakan mencapai hingga 6 persen di triwulan II 2020 dikatakan karena pandemik virus corona baru atau Covid-19. 

Hal itu disampaikannya dalam diskusi bertajuk "Indonesian Economic Crises: Magnitudes, Path to Recovery", di Jalan Tebet Barat Dalam IV, Jakarta Selatan, Senin (29/6). 

"Pemerintah hari ini menyalahkan data-data negatif itu hanya karena corona itu tidak benar, itu penyesatan. Jadi mereka aji mumpungisme. Mumpung ada corona semua disalahin sama corona," ujar sosok yang karib disapa RR ini. 

Mantan Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur ini, menjabarkan kebobrokan pengelolaan keuangan negara oleh jajaran menteri ekonomi Presiden Joko Widodo. 

Lebih lanjut kata Rizal, stabilitas ekonomi yang ada selama ini ditopang dan didoping pinjaman alias utang. Di mana, pemerintah selalu berutang ke luar negeri dengan bunga yang besar. 

"Jadi istilah bahasa sederhananya sebetulnya ekonomi kita kalau bagaikan petinju itu udah kelimpungan, karena sudah terlalu banyak hutang. Kalau 98 hutang yang terbanyak di swasta," jelasnya. 

"Tapi hari ini pemerintah dan BUMN sebetulnya sebagai petinju sebenarnya udah kelimpungan, tetapi didoping dengan pinjaman. Minggu yang lalu menjadi 10 miliar dolar lebih, ada valuta masuk, jadi seolah-seolah rupiah menguat dan sebagainya," sambungnya. 

Ada berbagai kasus gagal bayar perusahaan asuransi atau perusahaan sekuritas, yang totalnya 46 perusahaan gagal bayar. 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index